Marketing Fitnes

Ada teknik marketing model baru dari sebuah klub fitnes. Mereka melakukan pendekatan kepada konsumennya, bak seorang teman yang sedang mengajak kita untuk bergabung supaya bisa hidup sehat. Para sales laki-laki itu terlihat bertubuh atletis dan yang perempuan terlihat langsing dan menarik.

Seperti layaknya seorang teman, mereka terlihat begitu peduli dengan kesehatan kita. Menanyakan harapan-harapan kita tentang bentuk tubuh. Mendengarkan keluhan-keluhan dan memberikan masukan yang berhubungan dengan kebugaran dengan berolah raga. Ketika tour keliling fasilitas, mereka begitu antusias menjelaskan kegunaan alat-alat, bahkan berjanji akan menemani kita ketika latihan.

Mencatat nomor telepon dan alamat, itu adalah hal yang mereka lakukan sebelum berpisah. Mereka akan menelepon seperti seorang sahabat yang sudah kangen dan ingin ketemu lagi. Sungguh-sungguh seperti seorang teman yang baik, yang begitu peduli kepada kita.

Namun kebanyakan dari semua yang mereka lakukan itu hanya sekedar lip service. Mereka tidak benar-benar ingin mengenalmu. Mereka tidak benar-benar ingin mengenalmu. Mereka tidak benar-benar peduli dengan kesehatanmu. Mereka hanya ingin kamu masuk dalam daftar konsumen yang melakukan kunjungan lalu bergabung dengan klub itu supaya mereka mendapatkan bonus bulanan. Apa yang mereka lakukan itu hanya demi uang!

Bayangkan jika kamu memiliki seorang teman yang berusaha baik kepadamu hanya demi mendapatkan keuntungan darimu. Minta ditraktir, minta dibelikan barang, minta diantar pulang, pinjam uang lalu bilang tidak ada uang untuk mengembalikan. Namun ketika kamu sedang mengalami kesulitan keuangan, temanmu itu tidak pernah muncul untuk menolongmu.

Tentu saja sales klub itu tidak akan menelepon kamu dan menanyakan kabarmu lagi ketika kamu bilang tidak jadi bergabung. Bahkan beberapa dari mereka dengan ketus buru-buru mematikan telepon karena kesal. Mereka tidak pernah melihatmu dengan label seorang teman, tetapi uang. Seorang teman yang sejati bukan orang yang sedang mengambil keuntungan dari sahabatnya.

Previous
Next Post »