Flight 401

"Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil" - 1 Korintus 9:16

Penerbangan 401 dari New York ke Miami berisi penuh penumpang yang sedang berlibur. Ketika pesawat yang besar ini akan mendarat di Airport Miami, sebuah lampu untuk menunjukkan posisi gir untuk mendarat ternyata tidak menyala. Pesawat itu terbang mengitari Everglades ketika para awak pesawat terbang memeriksa kerusakkan pada lampu tersebut. Pertanyaannya adalah, apakah gir pesawat untuk mendarat itu tidak berfungsi dengan baik ataukah lampunya yang rusak.

Insinyur penerbangan pertama melihat bola lampunya. Ia mencoba untuk melepaskannya, tetapi tidak bergerak sama sekali. Kru lain mencoba membantu, dan kemudian yang lainnya, dan seterusnya. Satu per satu, semua mata tertuju pada bola lampu yang tidak bisa terlepas dari soketnya. Tidak ada yang memperhatikan bahwa pesawatnya kehilangan arah, akhirnya, pesawat jatuh ke lumpur. Banyak yang tewas di kecelakaan pesawat tersebut.

Ketika seorang kru yang berpengalaman sedang menyibukkan dirinya dengan bola lampu seharga 75 sen, seluruh kapal dan penumpang tewas. Para kru sesaat melupakan hal terpenting ketika sebuah pesawat sedang mengudara - "Jangan lupa untuk menerbangkan pesawat!"

Hal yang sama terjadi di gereja lokal. Pendeta dan penatua bisa saja sangat sibuk meributkan hal-hal sepele dan memfokuskan diri pada masalah-masalah yang tidak signifikan, sehingga mereka kehilangan arah mengenai esensi dari sebuah gereja. Gereja bisa punya banyak aktivitas, program, pertemuan, dan pengembangan komunitas, oleh sebab itu banyak roda yang berputar tanpa menyelesaikan satu halpun mengenai hal yang kekal, yaitu tujuan yang dilupakan.

Banyak gereja menyukai penemuan yang bagus di mana ratusan roda, gir, bel dan lampu menyala. Ketika penemu ditanya mengenai fungsi dari mesin yang aneh itu, ia menjawab, "Apa yang bisa dilakukannya? Oh, itu bukan apa-apa, tetapi apakah mesin itu bekerja dengan baik?" Jangan menjadi pesawat 401 atau penemuan yang tidak melakukan apa-apa. Tujuan utama itu adalah untuk memenangkan dunia yang terhilang ini untuk Yesus Kristus.

Previous
Next Post »