Ikut Ambil Bagian Dalam Kemulian-Nya

“Kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia” - Roma 8:17

Bayangkan balai pertemuan besar sorga yang dipenuhi dengan beribu-ribu bahkan sampai tidak terhitung oleh umat yang sudah ditebus. Upacara pemberian penghargaan sudah dijadwalkan, dan sungguh merupakan saat-saat yang besar dan membahagiakan waktu itu, dengan iringan paduan suara dan kehormatan yang diberikan.

Keajaiban di atas keajaiban, Allah mempersiapkan kita untuk itu semua, dan Dia tidak merencanakan kita untuk sekadar menjadi penonton. Dia sudah menentukan kita untuk mendapatkan tempat kehormatan. Anda tahu, karena kita sudah diterima sebagai anak-anak-Nya, kita semua akan bergabung bersama-sama, ikut ambil bagian dalam kemuliaan yang akan diberikan kepada Anak-Nya, Yesus Kristus.

Yesus memenangkan hak-Nya untuk seluruh kemuliaan karena semua penderitaan-Nya. Demikian juga dalam hal yang sama dengan kita. Kemuliaan tidak akan diperoleh tanpa penderitaan. Jika kita mau ikut ambil bagian dalam kemuliaan dan peninggian Kristus, maka kita juga harus ikut ambil bagian dalam penderitaan-Nya.

Penghargaan dunia diberikan kepada orang-orang yang berhasil, tetapi penghargaan sorgawi diberikan kepada orang-orang yang menderita. Kita bisa juga ikut menderita (diejek, dihina, diperlakukan dengan tidak semena-mena, ditolak oleh orang-orang di dalam dunia yang tidak bertobat) bersama-sama dengan Kristus. Allah berjanji bahwa jika kita setia kepada-Nya, kita akan ikut ambil bagian dalam kehormatan dan kemuliaan yang Dia akan berikan kepada Anak-Nya.

Doa: “Tuhan, tolonglah aku untuk teguh berdiri dan berpihak pada Putra-Mu, bahkan kalaupun aku harus menderita. Terima kasih untuk janji-Mu bahwa aku akan ikut ambil bagian dalam kemulian-Nya."

Pdt. Dr. Paulus Trimanto Wibowo, Yogyakarta

Sumber : Reflecta

Previous
Next Post »