Musnahkan

Roma 6:12 : "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya."

Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 72; Ibrani 6; Zefanya 1-3

Anda pernah mendengar Guam? Guam adalah sebuah negara pulau yang terletak di Samudera Pasifik. Daratan Guam ini dipenuhi dengan ular-ular yang menjalar dengan liar.

Ular-ular pohon berwarna yang coklat merayap ke sana kemari, membunuh burung-burung di pulau indah itu juga ular-ular mengancam keselamatan penduduk. Karena kalau tidak hati-hati ular-ular inipun akan membunuh manusia dengan bisanya yang sangat beracun itu. Oleh sebab itu penduduk setempat bermaksud untuk memusnahkan ular-ular tersebut.

Sebenarnya ular-ular tersebut bukanlah berasal dari Guam, melainkan datang sebagai penumpang gelap di sebuah pesawat yang mendarat di Guam dan berasal dari Micronesia dan kemudian ular-ular ini berkembang biak menjadi ribuan jumlahnya.

Ular-ular itu terkenal rakus. Mereka telah menghabiskan 9 dari 11 spesies burung asli di kepulauan tersebut. Di samping itu ular-ular ini juga berbahaya bagi para relasi dagang yang datang ke Guam. Dan tentu saja hal ini akan merugikan kegiatan perdagangan di Guam, karena mereka akan takut datang ke pulau itu.

Seperti ular-ular mematikan itu berbahaya bagi Guam, demikian juga dengan dosa yang berbahaya bagi hidup kita bila kita tidak menghadapinya dengan sungguh-sungguh. Nafsu jahat, percabulan, keserakahan, kemarahan, kegeraman, kejahatan, fitnah, kata-kata kotor, dan kebohongan dapat timbul dalam kehidupan orang Kristiani (Kolose 3:5-9).

Seperti ular, dosa dapat bertumbuh, berkembang biak, dan akhirnya menguasai Anda. Dosa juga dapat menghancurkan keefektifan Anda dalam melayani Kristus dan merusak kesaksian kita tentang Dia.

Jalan keluarnya adalah berkata tidak terhadap dosa (Roma 6:12). Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu memusatkan perhatian pada Kristus dan firman-Nya, "Pikirkanlah perkara yang diatas, bukan yang di bumi." Kita juga harus mematikan dosa-dosa yang berusaha merasuki kehidupan kita (Kolose 3:2,5,16). Itulah jalan keluar untuk memusnahkan dosa!

Dosa seperti ilalang di kebun, bersihkan mereka atau mereka akan tumbuh semakin liar

Jawaban.com

Previous
Next Post »