Karena Kamu Kekurangan, Tuhan Memberimu Lebih

Membesarkan putri yang dikaruniai empat jari, bukan hal mudah bagi Woo Kap Sun (50) namun, ketabahan Dan kesabarannya, kini membuahkan hasil. Putrinya, Hee Ah Lee (21), tumbuh menjadi pianis kondang di Korea, berikut penuturan Woo pada NOVA melalui seorang penterjemah.

Suara lengkingan tembang My Way milik Frank Sinatra bergema di
lounge sebuah hotel berbintang di Jakarta, suara itu diikuti dentingan piano yang dimainkan Hee Ah Lee. Jari-jari pianis berusia 21 tahun tersebut dengan lincah menekan tuts piano. Hebatnya, Hee Ah, sapaan akrabnya, melakukannya hanya dengan keempat jarinya!

Berbagai nomor dari pianis kondang seperti Chopin, Bethoven, Dan
Mozart telah dikuasainya. Pianis yang telah diangkat sebagai warga kehormatan Korea ini telah mengeluarkan satu album bertitel "Hee Ah A Pianist with Four Finger".

Dia juga pernah pentas bersama pianis kondang Richard Clayderman
di Gedung Putih, Washington. Sabtu [31/3], Hee Ah menggelar konser di Jakarta dengan tema Sharing the Strength of Love, yang merupakan rangkaian turnya keliling Asia.

Memiliki seorang anak adalah hal yang paling membahagiakan dalam
hidupku, Hari itu, 9 Juli 1985 di Seoul (Korea), aku melahirkan seorang bayi perempuan yang cantik. Cantik bagiku tetapi tidak bagi keluargaku, bayiku terlahir cacat! Dia hanya mempunyai empat jari tangan yang dalam istilah ke-dokteran disebut lobster claw syndrome Dan kedua kakinya hanya sebatas lutut. Tak hanya itu, dia juga mengalami keterbelakangan mental!

Saat masih dalam kandungan, aku sudah tahu anakku akan terlahir cacat, mungkin ini disebabkan selama mengandung aku banyak minum obat. Saat itu, keluarga besar melarang aku melahirkan anak itu. Aku tidak bisa, bagaimanapun juga, ini anakku, darah dagingku sendiri Dan tidak mungkin aku gugurkan.

Aku pun melahirkan anak ini tanpa adanya dukungan dari keluarga. Saat anak ini lahir, keluarga menganggapnya suatu aib Dan memintaku agar menyerahkan anak itu ke panti asuhan tetapi aku tetap mempertahankan bayi ini.

Aku menamakan buah hatiku Hee Ah Lee. Hee berarti sukacita Dan Ah adalah tunas pohon yang terus tumbuh sedangkan Lee merupakan nama keluarga. Jadi, harapanku, Hee Ah Lee berarti sukacita yang terus tumbuh seperti tunas pohon.

DIDIDIK LIMA GURU.

Saat umur Hee Ah menginjak tujuh tahun, tangannya masih belum bisa berfungsi. Memegang pensil pun tak bisa. Aku menggunakan piano kecil kami di rumah untuk melatih tangan Hee Ah. Tidak mudah mengajarinya main piano, kaki Hee Ah tak bisa menginjak pedal piano. Karena itu, pedal piano harus ditinggikan agar bisa diinjak. Apalagi, bermain piano, kan, tidak hanya asal main. Ada nada-nada yang harus "dihitung-hitung" padahal, Hee Ah tak bisa berhitung karena menderita keterbelakangan mental.

Aku membantu Hee Ah memindah-mindahkan tangannya Dan memberi tahu perpindahan nada. Aku perlihatkan juga partiturnya. Saya perkenalkan nada-nada......do.......re.......MI......

Hee Ah juga didampingi guru. Jou Mi Kyung merupakan guru pertamanya. Dialah guru yang paling berkesan bagi aku Dan Hee Ah. Guru inilah yang mengajari Hee Ah dasar-dasar bermain piano. Jou juga memperlakukan Hee Ah sebagai layaknya orang yang bermain dengan 10 jari. Tak hanya itu, Jou juga memberi sebuah grand piano pada Hee Ah. Aku Dan Hee Ah tak bisa melupakan guru yang satu ini.

Guru kedua Hee Ah bernama Kim Kyung Ok. Kim yang seorang dosen di sebuah universitas yang mengajari nada-nada. Lalu, Han Je Hi merupakan guru ketiga Hee Ah.

Dari Han, Hee Ah belajar bagaimana bermain piano dengan perasaan dan pikiran. Bermain piano bukan hanya berarti sentuhan jari saja melainkan juga harus dengan perasaan bagi orang yang mengerti permainan piano, lagu yang dimainkan dengan indah jika tidak dimainkan dengan perasaan, akan terdengar tidak indah.

Guru keempat Hee Ah adalah Lee Sin Hyang. Saat belajar bersama Lee, Hee Ah sudah dikenal masyarakat. Lewat Lee, Hee Ah belajar bernyanyi. (Saat manggung, Hee Ah kadang tak hanya bermain piano melainkan juga bernyanyi dan tak jarang, dia duet dengan artis lain.)

Guru kelimanya bernama Om Gi Hwan. Dia adalah seorang pencipta lagu Dan hingga kini menjadi guru Hee. Ya, Hee Ah sekarang juga belajar bikin lagu. Berkat kelima gurunya itulah Hee Ah bisa menjadi seperti sekarang.

SEMPAT NGAMBEK MAIN PIANO.

Kehidupan Woo tak mudah. Selain mengurus Hee Ah, dia juga harus merawat suaminya yang veteran tentara Korea. Sebagian tubuh suaminya lumpuh karena terluka saat bertugas. Sejak berhenti dari dunia militer, suaminya didera penyakit yang mengharuskannya mengonsumsi berbagai obat-obatan penghilang rasa sakit.

Aku bekerja sebagai perawat di rumah sakit tempat aku melahirkan Hee Ah. Disiang Hari, aku merawat Hee Ah Dan suami. Malamnya, aku berangkat bersama-sama Hee Ah ke rumah sakit. Saat aku bekerja, Hee Ah main piano disampingku. Kebetulan, Ada piano di rumah sakit itu. Hal ini berlangsung selama 10 tahun. Penghasilanku memang pas-pasan. Gajiku habis untuk beli obat buat suami Dan bayar sopir. Sopir ini untuk mengajari Papa Hee Ah menyetir.

Papa Hee Ah memang ingin bisa menyetir agar bisa mengajari teman-temannya yang cacat seperti dirinya. Ya, meski papa Hee Ah setengah lumpuh, dia tetap berusaha beraktivitas seperti orang kebanyakan. Papa Hee Ah pintar berenang Dan main tenis meja. Dia bahkan pernah dapat piagam penghargaan. Hee Ah pun kadang ikut papanya main tenis meja.

Belum selesai satu cobaan, cobaan lain datang. Aku ingat masa-masa dimana keluarga kami terkena sakit parah. Saat itu, Hee Ah berumur 14 tahun. Lutut Hee Ah luka dan terserang penyakit. Luka itu disebabkan Hee Ah terlalu sering berjalan dengan lutut. Maklum, Hee Ah yang tak punya kaki harus berjalan menggunakan lututnya. Hee ah masuk rumah sakit. Dia harus dioperasi.

Saat Hee Ah sedang sakit, papanya juga sakit parah. Aku pun tak luput dari penyakit. Aku terkena kanker payudara. Mungkin ini akibat kecapekan dan stres tiada henti. Parahnya, Hee Ah mogok tak mau main piano. Aku sedih sekali.

Namun, aku sadar, Hee Ah sedang dalam masa puber. Mungkin dia sedang banyak pikiran. Hee Ah pun harus sampai masuk rumah sakit jiwa. Tetapi apa kata para dokter? Mereka bilang, satu-satunya solusi adalah Hee Ah harus tetap main piano. Akhirnya, saya bertekad untuk mengajari Hee Ah main piano dari awal lagi.

Aku berusaha mengembalikan rasa percaya diri Hee Ah. Aku berkata, "Kalau kamu berhenti dari sekarang, tidak ada orang yang akan memandang kamu. Kamu pun tidak akan percaya diri. Tuhan akan membantu dan berada disamping kamu. Karena kekurangan jari, kamu mungkin tidak seperti orang kebanyakan. Tetapi karena kamu punya kekurangan, Tuhan pun pasti akan lebih memberi."

Sambil bercanda, aku juga katakan padanya agar lebih fokus main piano "Jangan lihat-lihat cowok. Setelah kamu benar-benar sukses, cowok mana pun pasti akan mengejarmu."

Ada satu hal lagi yang mengetuk hati Hee Ah. Saat itu, di Korea terbit buku tentang Hee Ah untuk anak-anak. Setelah buku itu terbit, banyak anak yang mengirim surat pada Hee Ah. Aku dan Hee Ah senang membaca tulisan anak-anak itu. Surat dari anak-anak itu menggugah semangatnya. Hee Ah mulai main piano lagi. (Kini jika sedang sekolah, Hee Ah berlatih minimal 6 jam sehari. Jika sedang libur, dia berlatih minimal 13 jam sehari.)

TAK TAKUT "TINGGALKAN" HEE AH.

Saat karier Hee Ah mulai menanjak, kesedihan kembali melanda keluarga kami. Papa Hee Ah menghadap Yang Kuasa. Demi mengurus semua keperluan Hee Ah, aku terpaksa berhenti dari pekerjaan. Aku akan selalu bertekad membuat Hee Ah bahagia.

Melihat Hee Ah seperti sekarang ini rasanya tak terucapkan dengan kata-kata. Aku benar-benar merasa bahagia dan bangga punya anak seperti Hee Ah. Aku lebih senang lagi karena dia bisa jadi contoh bagi anak-anak yang punya cacat fisik. Hee Ah ibarat biji yang menanam untuk orang lain supaya bisa mendidik orang seperti dia.

Jika nanti saya sudah tidak ada, saya yakin pasti ada orang yang lebih sayang padanya. Kalau bisa, sebelum saya meninggal, Hee Ah telah menemukan pasangan yang benar-benar bisa melindungi dan mencintainya setulus hati agar dia bisa hidup bahagia sebagai pengganti seorang Mama.

Rasa bangga dan bahagia tampak jelas di raut wajah Woo. Bagaimana tidak, berkat didikannya, Hee Ah bisa dengan mudah memegang sendok dan sumpit. Kini, Woo yang telah sembuh dari kanker payudara senantiasa setia menemani sang putri tur keliling dunia. He Ah memang telah membuktikan dirinya bisa berprestasi berkat ketekunannya. Ya, seperti lirik My Way yang dilantunkannya siang itu: I faced it all and I stood tall and I did it my way..........


Pesan RB:

Sungguh luar biasa cobaan yang dihadapi seorang Ibu yang bernama Woo Kap Sun dan melalui ber-bagai macam penderitaan yang dialaminya akhirnya dia keluar sebagai pemenang, berhasil melalui cobaan yang Tuhan izinkan terjadi dalam kehidupannya!

Seorang Ibu yang tidak mau menggugurkan kandungannya karena takut akan Tuhan, mempunyai komitmen u/ membesarkan sorang anak yg cacat, terkebelakang secara mental, merawat seorang suami yg cacat akibat perang dan lagi dia sendiri menderita kanker payudara.

Hanya karena Kasih Tuhan Yesus maka Ibu Woo Kap Sun bisa dan mampu menghadapai semua cobaan itu dan bukan sebaliknya lari dari kenyataan hidup.

Pesan yg saya dapat dari cerita diatas adalah betapa besar Iman dan pengharapan dari Ibu Woo yang percaya akan janji2 Tuhan dalam hidupnya, bahwa Yesus adalah Tuhan yg hidup yang tidak akan pernah mengingkari atas setiap janji2 Nya!

Demikianlah juga seharusnya kita bersikap, adakah engkau mempercayai akan janji2 Tuhan dalam hidupmu seperti Ibu Woo diatas disaat ber-bagai2 macam cobaan datang silih berganti dalam hidupmu? hanya anda sendiri yang bisa menjawabnya......Tuhan Yesus memberkati.
Previous
Next Post »