Marah Itu Mudah

Banyak situasi dan kondisi saat ini yang bisa membuat orang untuk mudah marah. Mudah marah dengan kondisi jalanan yang macet, mudah marah dengan orang yang tidak kita senangi, mudah marah dengan situasi kerja yang tidak kondusif dan hal-hal lain yang mungkin bisa membuat emosi marah dalam diri kita mencuat keluar.

Satu baris kalimat yang ditulis oleh suami saya di dinding kamarnya, pada saat pertama kali saya menginjakkan kaki di rumahnya:

MARAH ITU MUDAH,
TAPI…..
MARAH PADA ORANG YANG TEPAT
PADA WAKTU YANG TEPAT
PADA TEMPAT YANG BENAR
DENGAN KADAR YANG SESUAI
TIDAK LAH MUDAH!

Untaian kalimat itulah yang senantiasa mengingatkan saya, bahwa banyak orang yang mengaku bijak dan merasa telah adil, merasa telah melakukan hal yang benar tidak mampu untuk berlaku bijak, adil dan sesuai dengan yang sebenarnya dalam bertutur kata dan bertingkah laku.

Emosi marah, sedih, senang yang dianugrahkan Tuhan Yang Maha Kuasa kepada kita, adalah sesuatu yang berharga untuk kita. Namun bagaimana kita me-MANAGE emosi dalam diri kita menjadi sesuatu yang indah, yang proporsional dalam diri kita, melihat segala sesuatu secara OBJECTIF dan TIDAK SUBJECTIF.

Hidup ini belajar, dan karenanya saya harus banyak belajar dan belajar banyak dari hal-hal yang saya temui selama perjalanan hidup ini agar yang bisa bersikap objektif dengan segala sesuatu dan bisa me-manage emosi marah saya pada: orang, waktu, tempat yang tepat, dan kadar yang sesuai.

Previous
Next Post »