Keagungan Dan Kesederhanaan

Impresario konser, Sol Hurok pernah menyatakan bahwa Marian Anderson, bukan saja sudah menjadi besar, tetapi di samping itu ia memiliki sifat rendah hati. Ia mengatakan,” Beberapa tahun lalu seorang wartawan mengadakan wawancara dengan Marian dan bertanya kepadanya untuk menyebut saat-saat yang besar dan tak terlupakan dalam seluruh hidupnya.

Pada saat itu, aku berada di kamar riasnya dan aku ingin tahu apa jawabnya. Aku tahu bahwa ia telah mengalami begitu banyak saat besar dalam hidupnya. Misalnya, saat Toscanini memujinya, bahwa ia mempunyai suara yang terindah di seluruh negeri.

Selanjutnya, konser pribadi yang ia persembahkan di White House untuk keluarga Roosevelt dan Ratu serta Raja dari Inggris. Kemudian, ketika ia menerima penghargaan Bok Award sejumlah $10.000, sebagai seorang yang berprestasi bagi kota kelahirannya, Philadelphia.

Dan di atas semua itu, ketika hari Paskah di Washington, saat ia berdiri di bawah patung Lincoln dan menyanyi untuk hadirin sebanyak 75.000 orang, termasuk anggota Kabinet, para hakim dari Mahkamah Agung dan sebagian besar dari anggota Perwakilan Rakyat.

Dari saat-saat yang besar itu, ia hendak memilih yang mana?

“Tidak ada yang ia pilih di antara saat-saat yang telah membesarkan namanya”, kata Hurok.

“Nona Anderson menjawab kepada wartawan itu bahwa saat yang paling besar dalam hidupnya adalah, pada hari dia pulang rumah dan mengatakan kepada ibunya bahwa mulai hari ini, ia tidak perlu mencuci pakaiannya sendiri.”

Previous
Next Post »