Pesan Tuhan Untuk Umat-Nya

Ringkasan Kotbah
Ibadah JKI Anugerah
Rabu, 4 Maret 2009

Ev. Rachel Indriati Wenas Tjipto

Bahan Renungan : Nehemia 2 : 1 – 10

Ketika saya berdoa untuk mempersiapkan kotbah buat jemaat Tuhan di Cirebon, Tuhan memberikan pewahyuan baru dari Nehemia 2 : 1 – 10. Sebelumnya saya belum pernah menyampaikan kotbah dari Nehemia 2 : 1 – 10 seperti sekarang ini. Ada beberapa pesan Tuhan untuk jemaat Tuhan di Cirebon :

1. Ketika Aku Mengangkat Anggur dan Menyampaikannya kepada Raja

Tuhan berkata kepada saya : Jemaat Tuhan di Kota Cirebon menyampaikan anggur kepada Tuhan. Anggur sebagai lambing cinta dan sukacita harus dipersembahkan kepada Tuhan oleh jemaat Tuhan di Cirebon. Sudah lama jemaat di Cirebon tidak memberikan sesuatu kepada Tuhan yang menggetarkan hati Tuhan.

Sebagai Ilustrasi : beberapa hari yang lalu anak saya Steven pulang dalam keadaan kaki yang terluka, ada daging yang tersobek, namun Steven hanya bilang minta diobati. Dia tidak menceritakan kepada saya, tetapi ketika saya mendengar berita dari teman – temannya bahwa steven terjatuh dari motor. Saya sebagai ibunya tidak mengetahui bahwa ia sedang mempunya hobi baru yaitu trek-trekan motor. Lalu saya pulang dan bertanya kepada steven, steven kamu kenapa tidak bilang sama mama, lalu jawabnya saya sudah minta maaf dan sudha terjadi ya nasib. Lalu saya ajak bicara steven : steven, dulu kalau kamu pergi pasti kamu bawakan mama sesuatu, sekarang sudah lama tidak pernah dilakukan lagi. Kamu dulu setiap hari selalu bawakan mama bunga dan suka mencium mama setiap hari kenapa sekarang tidak. Lalu jawab steven : ya sudah nasib ! dengan cuek ia pergi meninggalkan saya. Demikian juga Tuhan saat ini merasa sedih karena saudara – saudara di Cirebon sudah tidak ada gelora cinta, cuek ama Tuhan. Ada sesuatu yang hilang di jemaat Tuhan di Kota Cirebon . Hubungan yang intim dengan Tuhan sudah hilang, banyak orang yang kehilangan hubungannya dengan Tuhan.

Seringkali sudah merasa capai, kita kecewa dengan keadaan sehingga tidak ada sukacita lagi yang kita rasakan, semua yang kita lakukan adalah rutinitas. Saat ini Tuhan tidak ingin alasan kita, Tuhan inginkan pertobatan kita. Tuhan ingin kita dekat dengan Tuhan. Jemaat di kota cirebon memang bertumbuh namun tidak ada cinta kepada Tuhan.

2. Nehemia 2 : 2 – 4

Tuhan tidak sedang marah kepada jemaat cirebon , Tuhan tidak akan menghukum jemaat cirebon . Tuhan bertanya kepada saudara : Jadi, apa yang kau inginkan ?

Saat ini saya rasakan jemaat cirebon tidak ada api, semua melakukannya karena tugas dan kewajiban saja. Semua kegiatan dilakukan dengan rutinitas saja. Saudara saat ini tuliskan apa yang saudara inginkan ? Saudara tuliskan saat ini baik itu di Alkitabmu atau di secarik kertas.

Saudara lakukan apa yang ada dengan sukacita. Saat ini saya bisa merasakan hati Tuhan perih karena sesuatu hal, Ia mau kita mengerti hatinya Tuhan. Sukacita adalah buah Roh.

Saudara jika saat ini kita mau menuliskan keinginan kita, berdoalah kepada Allah semesta langit, minta petunjuk dari Roh Kudus. Saya merasakan masih banyak potensi di jemaat Cirebon yang belum keluar, masih banyak selubung yang belum dibukakan. Saudara harus temukan cara intim dengan Tuhan sendiri, saudara tidak bisa ikut gaya ibu Nany, gaya pak Yusak, gaya saya atau gaya Pak Agung, sebab setiap orang mempunyai cara intim yang berbeda – beda setiap orangnya.

3. Nehemia 2 : 6 – 7

Hari – hari ini Tuhan sangat rindu untuk mengutus kita jemaat cirebon , ada beberapa orang yang berani berkata : Tuhan, utuslah aku. Saya merasakan ada beberapa orang yang diutus untuk sekolah, pelayanan yang baru, pekerjaan baru dan daerah yang baru. Tuhan akan utus kita dalam beberapa waktu, ada jangka waktunya.

Tuhan sudah sediakan dan tangan Tuhan yang murah sedang terulur pada kita dan Tuhan akan melindungi kita. Bulan maret ini jemaat Tuhan Cirebon akan mengalami kemurahan dan kemudaahan dari Tuhan. Tuhan sudah siapkan surat yang siap dicap, akan ada pasukan yang mengawal jemaat Cirebon . Tuhan akan berikan kemenangan kepada jemaat Cirebon . Pasukan yang kuat dan pasukan berkuda akan mengawal jemaat Cirebon .

Meskipun masih banyak orang – orang yang tidak suka dengan keberadaan jemaat Cirebon , masih banyak musuh dan mata – mata. Tuhan katakan tetap tenang dan melangkah bersama Tuhan.

Previous
Next Post »