About Love

Manusia memang makhluk rumit dan suka aneh sendiri. Hal2 yg pengen kita omongin, atau yg hrs kita bilang, justru malah ngga pernah kita ungkap. Parahnya lagi, kita terbiasa pake simbol2 atau kata2 lain buat nunjukin arti sebenernya.

Walhasil, seringnya maksud kita itu jd ngga terkomunikasikan dan bikin org lain ngerasa bete, ngga disayang, nggak dihargai. Iya sih, ada saat2 kita ngerasa ngga nyaman mengekspresikan cinta yg kita rasa. Krn takut mempermalukan org lain, atau diri kita sendiri, kita ragu buat bilang, "I love you". Jadinya, kita menyampaikan perasaan itu lewat kata2 yg lain: "jaga diri baik2", "belajar yg bener", "hati2 di jln", "jgn ngebut", "jgn lupa makan". Tapi sebenernya, itu cuma opsi2 lain dr perkataan yg sesungguhnya: "saya sayang kamu", "saya peduli sama kamu", "kamu sangat berarti buat saya", "saya ngga mau kamu terluka".

So, ngga ada salahnya kita coba MENDENGARKAN CINTA lewat kalimat2 yg dikatakan org lain. Ungkapan eksplisit itu penting, tapi bagaimana kita mengungkapkannya bisa jadi jauh lebih penting. Setiap pelukan bermakna cinta meski kata2 yg keluar sangat berbeda. Setiap perhatian yg diberikan org lain menyimpan cinta walau bentuknya kaku, atau mungkin kasar. Yg pasti, kita harus mencari dan mendengar cinta yg ada dibaliknya.

Seorang ibu bisa ngomelin anaknya krn nilai rapot atau kamar yg berantakan. Si anak mungkin hanya mendengar omelannya. Tapi kalo dia bener-bener MENDENGAR, dia bakal mendapatkan cinta di sana. Kepedulian dan cinta ibunya muncul dalam bentuk omelan. Tapi
gimanapun juga, itu adalah cinta.

Seorang gadis pulang larut malam, dan akhirnya dpt kuliah gratis dari bokapnya. Gadis itu cuma nangkep kemarahan sang bokap. Tapi kalo dia mencoba utk MENDENGARKAN CINTA, dia bakal menemukannya. "Kamu gimana sih, Papa jd khawatir sama kamu," kata bokapnya. Tau ngga, itu sama aja dgn "Papa sayang dan peduli sama kamu. Kamu sangat berarti buat Papa" yg sayangnya, ngga tersampaikan dgn lisan.

Kita mengungkapkan cinta dlm banyak cara, hadiah ulang tahun, pesan2 kecil, dgn senyuman, dgn air mata. Cinta ngga hanya ada dlm kata2, tapi jg dlm diam. Dan seringkali kita menunjukkan cinta dgn memaafkan org yg ngga mau mendengar cinta yg kita sampaikan.

Masalah dlm "mendengarkan cinta" adalah kesulitan dan keterbatasan kita utk mengerti bahasa cinta yg dipakai org lain. Yg kerap terjadi, kita jarang mendengarkan org lain. Kita mendengar kata2, tapi kita ngga mempertimbangkan ekspresi atau tindakan-tindakan yg mengiringi kata2 itu. Sering jg kita cuma bisa mendengar hal2 negatif, penolakan, kesalahpahaman dan mengabaikan cinta yg menjadi dasarnya.

Dengerin deh, cinta-cinta yang ada di sekitar kita. Kalo kita bener2 berusaha mendengarkan, kita bakal temui bahwa kita sebenarnya memang dicintai. Mendengarkan cinta bisa membuat kita sadar bahwa dunia ini adalah tempat yg begitu indah.

Cinta adalah anugerah.
Membuat kita tertawa.
Membuat kita bernyanyi.
Membuat kita sedih.
Membuat kita menangis.
Membuat kita bertanya "kenapa?"
Membuat kita menerima.
Membuat kita memberi.
Dan yg paling penting, membuat kita hidup.

Bukanlah kehadiran atau ketidakhadiran yg penting, kita ngga perlu merasa kesepian meski kita sedang sendiri. Sendiri itu perlu, lho. Dan itu jgn sampe membuat kita jadi kesepian. Yg jadi masalah bukan berada bersama seseorang, tetapi berada utk seseorang.

Jangan pernah ragu nyatakan cinta. Jujurlah dgn apa yang kita rasa dan katakan. Ngga ada ruginya mengekspresikan diri. Ambil kesempatan utk mengungkapkan pada seseorang betapa pentingnya dia buat kita. Lakukan, buat perubahan, hindari penyesalan.

Satu lagi, tetaplah dekat dgn teman dan keluarga, krn mereka udah berjasa membangun diri kita yg sekarang. Cinta memang ada untuk ditebarkan. Dan saat cinta yg kita berikan diterima, atau dibalas, itulah saat hidup menjadi penuh makna.

Previous
Next Post »