Kaca Cermin

II Korintus 3:18 "Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar."

Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 78; Ibrani 12; Yeremia 5-6

Beberapa tahun yang lalu, Walter A. Maier, seorang pengkhotbah radio yang terkenal, bercerita tentang seorang kepala suku di pedalaman Afrika yang diberi sebuah kaca cermin oleh salah seorang tamunya. Kemudian kepala suku itu menatap kaca mata itu dengan rasa ingin tahu yang amat dalam, setelah itu ia lalu berkomentar tentang betapa jeleknya orang yang ia lihat dalam kaca cermin itu.

Sang tamu kemudian menjelaskan bahwa orang jelek yang dilihat dalam kaca cermin itu tak lain adalah kepala suku itu sendiri. Ketika ia mengetahui hal itu, ia pun menjadi sangat marah dan melemparkan kaca cermin tersebut pada sebuah batu, sehingga pecah berkeping-keping.

Yakobus menggambarkan Firman Allah sebagai kaca cermin tempat kita melihat diri sendiri (1:23-24). Cermin itu menunjukkan bahwa meskipun kita telah diciptakan untuk merefleksikan karakter Allah dalam kehidupan kita, namun kondisi kita yang telah jatuh dalam dosa ini justru mencerminkan bahwa kita buruk secara rohani dan tercemar oleh dosa.

Akan tetapi bila kita beriman di dalam Yesus Kristus, kita akan dilahirkan kembali secara rohani (Yohanes 3:3-8). Kemudian saat kita mencermati Firman Allah, kita melihat diri kita sama seperti Allah melihat kita, keburukan kita telah diubah menjadi kecantikan yang serupa dengan Kristus. Dan mulai saat itu kita bertumbuh dalam keserupaan dengan-Nya.

Apa yang Anda lihat saat memandang ke cermin Kitab Suci? Apakah Anda ragu membacanya karena itu menunjukkan keburukan dari ketidakpercayaan Anda? Ataukah, apakah Anda membacanya dengan ucapan syukur, melihat diri Anda seperti Allah dan Bapa di surga melihat Anda sebagai anak-Nya yang lahir baru secara rohani, dan semakin serupa dengan anak-Nya yang terkasih? (II Korintus 3:18). Ketahuilah akan hal ini, ketika Anda memiliki Yesus Kristus dalam kehidupan Anda maka Dia yang ada di dalam diri Anda akan mengubahkan kehidupan Anda.

Firman Allah adalah satu-satunya cermin yang dapat mengubah penampilan Anda.

Jawaban.com

Previous
Next Post »