Takut Ditolak

Hal apa saja yang membuat orang ragu untuk bersaksi? Biasanya ini adalah beberapa keraguan yang dikatakan oleh beberapa teman.

Aku takut bukannya bikin tambah baik tapi malah tambah buruk.
Aku tidak tahu harus bilang apa.
Aku tidak tahu harus menjawab apa kalau di kasih pertanyaan yang menjebak.
Aku bakal kelihatan fanatik.
Aku mungkin saja terlalu mencampuri urusak orang lain.
Aku takut kalau gagal.
Aku takut kalau dianggap munafik.

Kebanyakan penyebabnya adalah rasa takut. Jika ingin ditilik lebih jauh lagi, itu adalah ketakutan untuk ditolak. Sebuah survei yang berikan kepada mereka yang mengikuti pelatihan untuk kebaktian kebangunan rohani Billy Graham di Detroit menanyakan pertanyaan ini.

Apa penghalang terbesarmu dalam bersaksi?

9% menjawab mereka terlalu sibuk
28% menjawab mereka kekurangan informasi atau bahan untuk bersaksi
Tidak ada yang menjawab mereka tidak perduli
12% menjawab hidup mereka tidak seperti yang mereka katakan
Tetapi sebagian besar dari mereka, yaitu 51% menjawab bahwa masalah terbesar mereka untuk bersaksi adalah takut ditolak.

Padahal setiap hari kita mengalami penolakan. Ketika mau bangun lebih siang, ibu menolak, "Tidak, kamu harus bangun sekarang, nanti terlambat". Ketika mau makan ice cream, "Jangan, nanti gigimu berlubang". Ketika menawar ojek, "Jangan neng, 3000 sudah murah kok". Ketika meminjam buku teman, "Sorry, gua juga mau pake, besok aja ya". Penolakan jangan menjadi keraguanmu untuk bersaksi. Semangat!

Previous
Next Post »